Kamis, 06 September 2012

Gelombang "Pengertian Gelombang"

1. Pengertian Gelombang
Sebuah bandul yang berayun mengalami gerak osilasi. Karakteristik gerak osilasi yang paling  dikenal adalah bahwa gerak tersebut bersifat periodik atau berulang-ulang. Ketika kita melihat fenomena gelombang laut, ternyata, air gelombang tidak bergerak maju, melainkan melingkar. Sehingga air hanya bergerak naik-turun begitu gelombang melintas. Tepi pantai menahan  dasar gelombang, sehingga puncak gelombang bergerak lebih cepat untuk memecah  di tepi pantai.  Dengan  demikian, terjadinya gerak gelombang laut  dapat  dirumuskan sebagai berikut. Pertama, air mencapai  dasar lingkaran pada lembah gelombang. Kemudian, air mencapai bagian atas lingkaran pada puncak gelombang.  Lalu, puncak gelombang memecah di tepi pantai. Gelombang air bergerak  dengan kecepatan yang bisa  diketahui. Tetapi, setiap partikel pada air itu sendiri, hanya berosilasi terhadap titik setimbang.
Sebuah gelombang terdiri  dari osilasi yang bergerak tanpa membawa materi bersamanya. Gelombang membawa energi dari satu tempat ke tempat lain. Pada kasus gelombang laut, energi  diberikan ke gelombang air, misalnya oleh angin di laut lepas. Kemudian energi dibawa oleh gelombang ke pantai.
Gelombang periodik merupakan gerak gelombang secara teratur dan berulang-ulang yang mempunyai sumber berupa gangguan yang kontinu  dan berosilasi, berupa getaran atau osilasi.  Titik-titik tertinggi pada gelomban disebut puncak gelombang, sedangkan titik- titik terendah  disebut  lembah gelombang. Amplitudo adalah perpindahan maksimum, yaitu ketinggian maksimum puncak, atau kedalaman maksimum  lembah, relatif terhadap posisi kesetimbangan.  Makin besar amplitudo, makin besar energi yang  dibawa. Ayunan total dari puncak sampai ke lembah sama  dengan  dua kali amplitudo. Jarak dua titik berurutan pada posisi yang sama disebut  panjang gelombang ( λ ). Panjang gelombang  juga sama  dengan jarak antardua puncak yang berurutan. Frekuensi ( f  ), adalah jumlah puncak atau siklus lengkap yang melewati satu titik per satuan  waktu. Sementara itu, periode (T ), adalah  waktu yang  diperlukan untuk sekali osilasi, yaitu waktu yang berlalu antara dua puncak berurutan yang melewati titik yang sama pada ruang. Besar  T adalah setara  dengan 1/f Jarak yang  ditempuh gelombang  dalam satuan  waktu disebut kecepatan gelombang (v). Jika sebuah gelombang menempuh jarak satu panjang gelombang ( λ ), dalam satu periode (T ), maka kecepatan gelombang adalah sama dengan  λ /T, atau v =  T.λ .Karena  1/T  =  f, maka:

v =   f.λ ................................................................   (1.1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar