Kamis, 06 September 2012

Gelombang "Glombang Tranfersal"






Pada gelombang yang merambat  di atas permukaan air, air bergerak naik  dan turun pada saat gelombang merambat, tetapi partikel air pada umumnya tidak ber- gerak maju bersama  dengan gelombang. Gelombang seperti ini  disebut  gelombang transversal.  Gelombang elektro- magnetik termasuk jenis gelombang ini, karena medan listrik  dan medan magnet berubah secara periodik  dengan arah tegak lurus satu sama lain.  Dan juga tegak lurus terhadap arah rambat.
Pada gelombang bunyi, udara secara bergantian mengalami perapatan  dan perenggangan karena adanya pergeseran pada arah gerak. Gelombang seperti ini disebut  gelombang longitudinal.
Rapatan adalah  daerah sepanjang gelombang longitu- dinal  yang memiliki tekanan  dan kerapatan molekul- molekulnya lebih tinggi  dibandingkan saat tidak ada gelombang yang melewati  daerah tersebut. Sementara itu, daerah dengan tekanan dan kerapatan molekul-molekulnya lebih rendah dibandingkan saat tidak ada gelombang yang melewatinya  disebut  renggangan. Gelombang longitudinal
Tangan yang berosilasi memindahkan energi ke tali, yang kemudian membawanya sepanjang tali  dan  dipindahkan ke ujung lain. 

Berikut ini dijelaskan beberapa istilah yang berlaku pada gelombang transversal,
1.       Puncak gelombang, yaitu titik-titik tertinggi pada gelombang (misalnya titik a  dan e).
2.       Dasar gelombang, yaitu titik-titik terendah pad gelombang (misalnya titik c  dan g).
3.       Bukit gelombang, yaitu lengkungan o-a-b atau  d-e-f.
4.       Lembah gelombang, yaitu lengkungan b-c-d atau f-g-h.
5.       Amplitudo (A), yaitu perpindahan maksimum (misal- nya: a'a  dan c'c).
1.       6 . Panjang gelombang ( λ ), yaitu jarak antara dua puncak berurutan (misalnya a-e) atau jarak dua dasar berurut- an (c-g).
6.       Periode (T ) yaitu  waktu yang  diperlukan untuk menempuh a-e atau c-g.

Panjang gelombang, frekuensi,  dan kecepatan gelombang merupakan besaran-besaran yang berlaku  dalam gelombang longitudinal. Panjang gelombang menunjukkan jarak antara rapatan yang berurutan atau renggangan yang berurutan. Sementara itu, frekuensi adalah jumlah tekanan yang melewati satu titik tertentu per sekon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar